HUBUNGAN MOTIVASI REMAJA MASUK PESANTREN DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI

Penulis

  • Kusnul Khotimah Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Agrina Agrina Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Jumaini Jumaini Fakultas Keperawatan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jni.10.2.194-203

Kata Kunci:

Adaptasi, Motivasi, Pesantren, Remaja

Abstrak

Pesantren merupakan tempat untuk belajar pelajaran agama islam. Setiap remaja yang masuk pesantren memiliki latar belakang motivasi masuk dan kemampuan adaptasi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan motivasi remaja masuk pesantren dengan kemampuan adaptasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada 121 siswa MTs Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik stratisfied random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang telah valid dan reliabel. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dengan distribusi frekuensi dan analisa bivariat dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi remaja masuk presantren mayoritas tinggi sebanyak 70 orang (57,9%) dan kemampuan adaptasi mayoritas sedang sebanyak 61 orang (50,4%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi remaja masuk pesantren dengan kemampuan adaptasi dengan p value 0,000 < 0,05 sehingga motivasi remaja masuk pesantren dapat mempengaruhi kemampuan adaptasi remaja tinggal di pesantren. Diharapkan kepada guru dan orang tua dapat meningkatkan motivasi yang ada pada siswa MTs Ummatan Wasathan agar para siswa mempunyai kemampuan adaptasi yang lebih baik lagi kedepannya.

Referensi

li, H., Amrillah., & Pajri. (2016). Motivasi santri melanjutkan pendidikan Ke Pesantren Darussalam Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, Volume 1, Nomor 1: 120-127. Diperoleh tanggal 16 Oktober 2018 dari https://media.neliti.com/ media/publications/

Ali, M., & Asrori, M. (2018). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Amelia, B. (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada remaja di daerah pesisir Riau. JOM, Vol 2, No 2. Diperoleh tanggal 10 Oktober 2018 dari https://jom.unri.ac.id/

Hendriani, W., & Pritaningrum, M. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada tahun pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, volume 02, No. 03. Diperoleh tanggal 28 Oktober 2018 dari http://journal.unair.ac.id/

Kurniati, Y., & Susandari. (2015). Hubungan antara character strength dengan penyesuaian diri pada santri putri kelas intensif ponpes Al Basyariyah Kabupaten Bandung. Jurnal Prosiding psikologi, ISSN : 2460-6448. Diperoleh tanggal 10 Oktober 2018 dari http://karyailmiah.unisba.ac.id/

Mahfuzh, S. M. J. (2009). Psikologi anak dan remaja muslim. Jakarta Timur. Pustaka Al-Kautsar.

Purwanto, M. N. (2011). Psikologi pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Qomar, M. (20090. Pesantren: dari transformasi metodologi menuju demokratisasi intitusi. Google book, 1-2. Diperoleh tanggal 19 November 2018 di https://books.google.co.id/

Ramadhan, R. (2016). Motivasi anak memilih sekolah di Pesantren Modern Alamin Desa Rawang Kao Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. JOM, Vol. 3, No. 2. Diperoleh tanggal 16 Oktober 2018 dari https://jom.unri.ac.id/

Ramadhani, N. (2012). Adaptasi bahasa dan budaya inventori big five. Jurnal Psikologi Volume 39, No. 2, Desember 2012: 189 – 20. Diperoleh tanggal 10 November 2018 dari https://jurnal.ugm.ac.id/

Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik. Jakarta Barat. PT Indeks.

Sriyanti, L. (2013). Psikologi belajar. Yogyakarta. Penerbit Ombak (Anggota IKPI).

Stiyowati, N. (2015). Hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan adaptasi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumber Gempol. Artikel skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diperoleh tanggal 28 Oktober 2018 dari proposal/jurnal/adaptasi/12.1.01.01. 0416.pdf.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto. (2011). Metodologi dan aplikasi penelitian keperawatan. Yogyakarta. Nuha Medika.

Vadlan, B. (2008). Hubungan antara kelekatan santri pada ustadz dengan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Assalafiyah Mlangi Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Skripsi Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. Diperoleh tanggal 18 Oktober 2018 dari http://digilib.uin-suka.ac.id/

Wilcox, L. (2018). Psikologi kepribadian. Yogyakarta. IRCiSoD.

Diterbitkan

2020-03-31

Cara Mengutip

Khotimah, K., Agrina, A., & Jumaini, J. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI REMAJA MASUK PESANTREN DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI. Jurnal Ners Indonesia, 10(2), 194–203. https://doi.org/10.31258/jni.10.2.194-203

Terbitan

Bagian

Articles