ANALISIS KONDISI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PROMOTIF DAN PREVENTIF

Fathra Annis Nauli, Jumaini Jumaini, Veny Elita

Abstract


Bullying merupakan masalah serius yang harus segera diselesaikan karena memberikan dampak negatif dan trauma berkepanjangan dalam kehidupan seorang individu. Kasus bullying di sekolah banyak ditemukan di Indonesia maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi bullying pada anak usia sekolah di Pekanbaru dengan desain penelitian deskriptif dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 236 responden berusia 9-12 tahun yang diambil berdasarkan kriteria inklusi dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah kuesioner “Peer interaction in primary school” terdiri dari 22 item pertanyaan dengan 12 item terkait pertanyaan korban bullying dan 10 item pertanyaan yang berkaitan dengan pelaku bullying. Data dianalisis dengan menggunakan analisis univariat distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas jenis kelamin responden laki-laki sebanyak 124 orang (52,5%), sebanyak 178 (75,4%) responden melakukan bullying kategori ringan, Sebanyak 176 orang (75,6%) responden menyatakan pelaku bullying adalah kakak kelas sebanyak 131 orang (55,5%) responden tidak menjadi pelaku bullying. Diharapkan pihak sekolah bersama dengan orang tua bekerjasama untuk melakukan upaya pencegahan bullying pada siswa, memberikan tindakan kepada siswa yang melakukan bullying dan yang menjadi korban bullying serta berupaya membentuk sekolah anti-bullying.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jni.7.2.11-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ners Indonesia