Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ners Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  • Umum
  1. Naskah artikel yang dikirim ke JNI merupakan naskah asli yang menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya dan belum pemah dipublikasikan.
  2. Naskah artikel yang sedang dalam proses penerbitan atau yang telah diterbitkan oleh JNI menjadi hak milik redaksi dan tidak boleh diterbitkan lagi oleh pihak lain dalam bentuk apapun.
  3. Naskah artikel yang tidak diterbitkan akan dikembalikan jika ada permintaan dari penulis yang disertai perangko balasan.
  • Khusus
  1. Naskah artikel yang diterbitkan oleh JNI terdiri dari: hasil penelitian, teori atau konsep, dan tinjauan buku di bidang keperawatan. Artikel diketik dengan menggunakan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dan spasi ganda. Naskah artikel dibuat dalam bentuk Microsoft Word disubmit melalui OJS JNI dengan register terlebih dahulu.
  2. Nama penulis artikel ditempatkan dibawah judul artikel tanpa gelar akademik. Untuk penulis pertama ditulis dengan angka 1, penulis kedua dengan angka 2 dan penulis ketiga dengan angka3. Jika penulis artikel lebih dari 3 orang maka nama penulis utama saja yang dicantumkan dibawah judul artikel; nama penulis-penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki halaman pertama naskah. Nama penulis ditulis dengan penebalan (bold). Naskah yang disusun oleh timpenulis artikel, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama saja atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis dianjurkan mencantumkan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.
  3. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dengan format essai disertai judul pada masing-masing bagian artikel. Penulisan judul artikel dicetak dengan huruf kapital ditengah-tengah,ukuran 14 pts dengan maksimal 20 kata.
  4. Sistematika artikel hasil penelitian adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak(100-150 kata) yang berisi tujuan, metode, hasil, kesimpulan dan saran, tulisan abstrak dihuruf awal saja yang besar dan ditebalkan (bold), posisi di tengah, font yang dipakai 10, kata kunci (diketik berdasarkan kata kunci yang pertama kali ditemukan pada abstrak), abstrak dibuat dalam2 versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, ; pendahuluan: ditulis semua dengan huruf besardan ditebalkan, yang berisi latar belakang dan tujuan penelitian; metode; hasil; pembahasan;kesimpulan dan saran; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  5. Tata cara penyajian kutipan, daftar pustaka, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan APA (American Physiological Association, 2010) dalam artikel berbahasa Indonesia menggunakan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempumakan. Pengutipan menggunakan teknik rajukan berkumng (nama, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman kutipan. Contoh: (Bobak, 2005: 30).
  6. Daftar pustaka disusun dan diumtkan secara alfabetis dan kronologis. Font bumf yang dipakai 12, antara sumber satu dan berikutnya tidak dipakai spasi.
  7. Naskah dikirimkan secara anonim ke mitra bestari (reviewers) untuk ditelaah. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/ saran darimitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
  8. Penulis artikel bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.