PENGARUH TERAPI REFLEKSI ALAT PIJAT KAYU (APIYU) DENGAN MINYAK ZAITUN TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI

Authors

  • Windy Enola Putri Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Wasisto Utomo Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Gamya Tri Utami Fakultas Keperawatan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jni.10.2.170-181

Keywords:

Hipertensi, Minyak Zaitun, Pijat Refleksi, Tekanan darah

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan ketika tekanan darah di pembuluh darah meningkat secara kronis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi refleksi alat pijat kayu (APIYU) dengan minyak zaitun terhadap tekanan darah pada pasien dengan hipertensi. Metode yang digunakan pada penelitian adalah quasy experiment dengan pendekatan non-equivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 34 responden adalah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan terapi refleksi Alat Pijat Kayu (APIYU) dengan minyak zaitun selama 30 menit dalam waktu 6 hari. Pada kelompok kontrol tidak diberikan intervensi. Kedua kelompok tetap mengkonsumsi obat hipertensi. Pengukuran tekanan darah dilakukan sebelum dan setelah diberikan terapi. Alat ukur yang digunakan lembar observasi dan sphygmomanometer digital. Analisis yang digunakan adalah dependent t test dan independent t test. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan, rata-rata tekanan darah sistolik pada kelompok eksperimen pre test yaitu 149,26 mmHg dan post test yaitu 145,44 mmHg. Rata-rata tekanan darah diastolik pre test 92,55 mmHg dan post test 91,30 mmHg. Hasil uji statistik menunjukkan penurunan tekanan darah secara signifikan pada kelompok eksperimen dengan p value 0,000 (p < 0,05).  Hasil uji statistik mean tekanan darah sistol sesudah intervensi pada kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh p value 0,000 (p < 0,05) dan mean tekanan darah diastol sesudah intervensi pada kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh p value 0,014 (p < 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terapi refleksi Alat Pijat Kayu (APIYU) dengan minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah

References

Alikin, A., Nuraeni, A., & Supriyono, M. (2014). Pengaruh back message dengan aromaterapi lavender terhadap penurunan tekanan darah pada lansia hipertensi di Desa Kedungsari Kecamatan Ringinarum. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

Amalia, R. N. (2018). Efektifitas pijat refleksi kaki terhadap penurunan tekanan darah lansia hipertensi di PSTW budi luhur Yogyakarta.

Anies. (2018). Penyakit degeneratif: Mencegah & mengatasi penyakit degeneratif dengan perilaku & gaya hidup modern dan sehat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aspiana, N., & Syaifudin. (2014). Pengaruh pijat refleksi kaki terhadap tekanan darah pada lansia hipertensi di PSTW Yogyakarta Unit Budi Luhur. STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Bagaskoro, S. (2012). Buku saku pijat untuk

kesehatan, refleksi, akupressur, akupuntur.Yogyakarta: Pinang Merah.

Chanif, C., & Khoiriyah, K. (2016). Penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi berbasis Terapi pijat refleksi kaki. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNIMUS 2017. Muhammadiyah University Semarang.

Cleese, J. (2010). Tekanan darah tinggi. Klaten: Marshall.

Corwin, E. J. (2009). Patofisiologi: buku saku Edisi 3. Jakarta: EGC

Depkes RI. (2013). Riset kesehatan dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Eni, K. (2012). Pijat refleksi sebagai terapi komplementer keperawatan. Yogyakarta: Popup Design.

Hayuaji, G. R. (2016). Mahir pijat refleksi secepat kilat. Banguntapan Yogyakarta: Saufa.

Kamal, S., Widada, W., & Kurniawan, H. (2016). Pengaruh terapi komplementer bekam dan minyak zaitun terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, n.d., 10.

Kurniawan. (2013). Hipertensi dan tekanan darah tinggi. Jakarta: Kanisius.

Marisna, D. (2017). Pengaruh terapi pijat refleksi kaki terhadap perubahan tekanan darah pada penderita hipertensi wilayah kerja Puskesmas Kampung Dalam Kecamatan Pontianak Timur. Jurnal ProNers, 3(1).

Martin, W., & Mardian, P. (2016). Pengaruh terapi meditasi terhdap perubahan tekanan darah pada lansia yang mengalami hipertensi. Jurnal ipteks terapan.

Mills, C. J. (2012). A comparision of relaxation techniques on blood pressure reactivity and recovery assessing the moderating effect of anger coping style. Dissertation. Old Dominion University: http://search.proquest.com.

Nugroho, I. A., Asrin, & Sarwono. 2012. Efektivitas pijat refleksi kaki dan hipnoterapi terhadap penurunan Kesehatan Keperawatan, http://www.academia.edu.

Prasetyaningrum, Y. I. (2014). Hipertensi bukan untuk ditakuti. Jakarta: FMedia.

Puskesmas Payung Sekaki. (2018). Profil puskesmas 10 penyakit tidak menular. Pekanbaru.

Putra, W. S. (2014). Sehat dengan terapi refleksi dan herbal di rumah sendiri. Yogyakarta: Katahati.

Rawasiah, A.B. (2014). Hubungan factor konsumsi makanan dengan kejadian hipertensi pada lanisa di Puskesmas Pattinggalongan,Makasar.

Rezky, R. A., Hasneli, Y., & Hasanah, O. (2015). Pengaruh terapi pijat refleksi kaki terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi primer. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan, 2(2), 1454 1462.

Safitri, P. (2009). Efektifitas massage kaki dengan minyak essensial lavender terhadap penurunan tekanan darah. Medan: PSIK FKep USU.

Setiadi. (2013). Konsep dan praktik penulisan

riset keperawatan. Edisi ke-2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sherwood, L. (2012). Fisiologi manusia dari sel ke sistem. Edisi 6. Jakarta: EGC

Wahyuni, S. (2014). Pijat refleksi untuk kesehatan. Jakarta Timur: Dunia Sehat.

Wirakusumah. (2013). Jus buah dan sayuran.Jakarta: PT Niaga Swadaya.

Yumni, F. L., & Holidah, E. N. (2018). Masase kaki dengan citronella oil terhadap penurunan tekanan darah pasien hipertensi di wilayah Puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 3(1). https://dspace.umkt.ac.id.

Zunaidi, A., Nurhayati, S., & Prihatin, T. W. (2014). Pengaruh pijat refleksi terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di Klinik Sehat Hasta Therapetika Tugurejo Semarang. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 2, No. 1). https://jurnal.unimus.ac.id.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Putri, W. E., Utomo, W., & Utami, G. T. (2020). PENGARUH TERAPI REFLEKSI ALAT PIJAT KAYU (APIYU) DENGAN MINYAK ZAITUN TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI. Jurnal Ners Indonesia, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.31258/jni.10.2.170-181

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>