PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIKUM SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19: METODE DAN MEDIA

Penulis

  • Fathmi Khaira Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Wan Nishfa Dewi Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Rismadefi Woferst Fakultas Keperawatan Universitas Riau

Kata Kunci:

Praktikum online, persepsi mahasiswa, keperawatan, pandemi, COVID-19

Abstrak

Praktikum online merupakan pembelajaran praktikum jarak jauh dengan difasilitasi platform pembelajaran online untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui persepsi mahasiswa keperawatan terhadap pelaksanaan praktikum secara online pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah responden 401 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner menggunakan google form. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas responden berumur 20 tahun (31,4%), mayoritas jenis kelamin adalah perempuan (92,4%), mayoritas program kelas responden adalah program reguler (94,3%), dan mayoritas angkatan responden adalah angkatan 2019 program reguler (34,7%). Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan praktikum keperawatan online yaitu cukup memuaskan (89,8%). Mayoritas hasil persepsi terhadap subvariabel yaitu kategori baik pada metode (85,5%), dan media (83,0%). Peneliti merekomendasikan agar penelitian berikutnya menggunakan variabel yang lebih spesifik pada satu mata kuliah.

Referensi

Al-bari, A., Saputri, R. K., Nahdlatul, U., & Sunan, U. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pratikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis. 6(2), 676–683. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.723

Bączek, M., Zagańczyk-Bączek, M., Szpringer, M., Jaroszyński, A., & Wożakowska-Kapłon, B. (2020). Students’ perception of online learning during the COVID-19 pandemic: a survey study of Polish medical students. Research Square, 1–14. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-41178/v1

Dewi, E. U., & Devianto, A. (2020). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Preceptor PAda Pembelajaran Metode Online Stase Keperawatan Gerontik di Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Health, 1(2), 42–50.

Jiménez-Rodríguez, D., Torres Navarro, M. del M., Plaza del Pino, F. J., & Arrogante, O. (2020). Simulated Nursing Video Consultations: An Innovative Proposal During Covid-19 Confinement. Clinical Simulation in Nursing, 48, 29–37. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2020.08.004

Kasiman. (2010). Analisis Pembelajran Laboratorium Keperawatan AKPER Kosgoro Pandaan Untuk Mencapai Standar Kompetensi Dasar Asuhan Keperawatan Gawat Darurat (Universitas Sebelas Maret). Diambil dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/14690/Analisis-pembelajaran-laboratorium-keperawatan-akper-kosgoro-pandaan-untuk-mencapai-standar-kompetensi-dasar-asuhan-keperawatan-gawat-darurat-studi-kasus-di-akper-Kosgoro-Pandaan-Jatim

Kemenkes. (2013). Pedoman Penyusunan Kurikulum Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kementrian RISTEKDIKTI. (2019). PJJ, E-Learning & Blended Learning. E-Learning Indonesia, 1–46. Diambil dari http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2019/06/PJJ-E-Learning-Blended-Learning.pdf

Lovrić, R., Farčić, N., Mikšić, Š., & Včev, A. (2020). Studying during the COVID-19 pandemic: A qualitative inductive content analysis of nursing students’ perceptions and experiences. Education Sciences, 10(7), 1–18. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI10070188

Murphy, M. P. A. (2020). COVID-19 and emergency eLearning: Consequences of the securitization of higher education for post-pandemic pedagogy. Contemporary Security Policy, 41(3), 492–505. https://doi.org/10.1080/13523260.2020.1761749

Pérez-Escoda, A., Castro-Zubizarreta, A., & Fandos-Igado, M. (2016). Digital skills in the Z generation: Key questions for a curricular introduction in primary school. Comunicar, 24(49), 71–79. https://doi.org/10.3916/C49-2016-07

Pohan, E. A. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah (I). Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Rahmawati;, & Muslima I. P., E. (2020). Learning From Home dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hardiknas, 17–24. Diambil dari http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/3/3

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-03

Cara Mengutip

Khaira, F., Dewi, W. N., & Woferst, R. (2022). PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIKUM SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19: METODE DAN MEDIA. Jurnal Ners Indonesia, 13(1). Diambil dari https://jni.ejournal.unri.ac.id/index.php/JNI/article/view/8210

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>