HUBUNGAN KECANDUAN GAMES ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Emmelia Christin Simatupang Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Sri Wahyuni Fakultas Keperawatan Universitas Riau
  • Hellena Deli Fakultas Keperawatan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jni.14.1.19-27

Kata Kunci:

anak usia sekolah, games online, perkembangan psikososial

Abstrak

Game online adalah permainan online yang dimainkan di komputer, smartphone, dan perangkat game lainnya. Salah satu penggunanya adalah anak usia sekolah. Kecanduan games pada anak sekolah ditandai dengan bermain di luar waktu yang ditentukan yang berdampak negatif pada perkembangan psikososialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara internet gaming dengan perkembangan psikososial siswa sekolah dasar. Korelasi deskriptif dengan pendekatan cross-sectional digunakan sebagai metode penelitian. Pada penelitian ini terdapat 65 responden yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang telah dimodifikasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berusia 11 tahun (47,7%) dan berjenis kelamin laki-laki (60,0%). Rata-rata waktu bermain game tidak lebih dari 1-3 jam/hari (67,7%), sebagian besar responden teridentifikasi kecanduan game online (67,7%) dan memiliki perkembangan psikososial yang memadai (58,5%). Analisis menggunakan uji eksak Fisher menunjukkan bahwa p-value (0,00) < α (0,05) artinya ada hubungan antara game online dengan perkembangan psikososial anak usia sekolah. Orang tua dan guru didorong untuk bekerja sama dengan tim perawatan kesehatan untuk mengidentifikasi gangguan bermain anak yang mempengaruhi perkembangan psikososial

Referensi

(APJII), A. P. (2017). Infografis penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia survey 2017. https://www.apjii.or.id.

Adinigitiyas., S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Journal of The Counseling Guidance Study Program , 4(1).

Aklima, F. N. (2019). Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa. 6(2), 302-310.

APJII. (2014). Rekrutan Pengguna dan Pemakai Internet di Indonesia (Online). http://www.apjii.or.id.

Beranuy, M. C. (2013). (A Qualitative Analysis of Online Gaming Addicts in Treatment. . International Journal of Mental Health & Addiction. , Vol 11 Issue 2.

Beranuy, M. C. (2013). A Qualitative Analysis of Online Gaming Addicts in Treatment. International Journal of Mental Health & Addiction., Vol 11 Issue 2.

Damayanti, R. L. (2019). The Efforts to Increase Knowledge About Balance Nutrision at Elementary School Children. Darmabakti Cendekia, 1(1), 28-33.

Guno., D. C. (2018). Gambaran Perilaku Kecanduan Games Online pada Anak Usia Sekolah di Wilayah Kecamatan Magetan. http://emprints.ums.ac.id.

Hakiki, A. &. (2021). Efek Negatif Bermain Game Online “Free Fire Battlegrounds” Terhadap Akhlak Remaja di Desa Ambulu Kabupaten Jember. Solidarity: Journal of Social Studies, 1(2).

Halawa, A. (2018). Hubungan Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 Di MI Darussalam Jambangan Surabaya. Jurnal Keperawatan, 7(1).

Irwanto, A. (2020). Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Perkembangan Psikososial Pada Anak Usia Sekolah. Doctoral Dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Julia, P. (2018). Hubungan antara Kecanduan Game Online terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Serambi Academica, 6(1), 49-57.

Khan, M. (2007). Emotional and Behaviour Effects of Video Games and Internet Overuse. Report of Council on Science and Public health.

Kineret, R. I. (2021). Gambaran Karakteristik Anak yang Mengalami Kecanduan Bermain Game Online. . Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing, 2(2), 9-13.

Lestari, Y. J. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSn) 4 Kota. Doctoral Dissertation, UIN Sulhan, Thaba Saifuruddin Jambi.

Masthura, S. I. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah di SD Negeri 1 Kota Banda Aceh. Jurnal Aceh Medika, 2(1), 171-175.

Nurdilla, N. A. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur Remaja. Jurnal Online Mahasiswa (JOM), Bidang Ilmu Keperawatan, 3(2), 2271-2279.

Saifullah, M. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Pola Tidur Pada Anak di Sekolah UPT SDN Gadingnejo II Pasuruan. Doctoral Dissertation, Fakultas Keperawatan.

Saryati, S. (2016). Analisa Faktor Perilaku Seksual Pada Anak SD di SDN Dukuh Kupang II - 489 Kecamatan Dukuh Pakis Kelurahan, Dukuh Kupang Surabaya. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, 11-76.

Suryanto, R. &. (2019). Dampak Positif dan Negatif Permainan Game Online dikalangan Pelajar. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 1-15.

Syifa, L. S. (2014). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. http://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310.

Vollmer, C. H. (2014). Computer Game Addiction in Adolescents and Its Relationship to Chronotype and Personality. . SAGE OPEN, https//www.researchgate.net/publication

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Simatupang, E. C., Wahyuni, S., & Hellena Deli. (2023). HUBUNGAN KECANDUAN GAMES ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ners Indonesia, 14(1), 19–27. https://doi.org/10.31258/jni.14.1.19-27

Terbitan

Bagian

Articles