TINGKAT PENGETAHUAN GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI TENTANG BULLYING DI KOTA PEKANBARU

Nurul Wahyuni, Sri Wahyuni, Siti Rahmalia Hairani Damanik

Abstract


Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang dilakukan secara berulang oleh seseorang atau sekelompok orang yang lebih kuat dengan tujuan untuk menyakiti dan akan menimbulkan dampak bagi korban maupun pelaku. Guru sebagai tenaga pendidik yang berinteraksi langsung dengan siswa memiliki peranan penting, yaitu dalam upaya pencegahan yang didasari oleh pengetahuan guru terhadap bullying itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru Sekolah Menengah Pertama Negeri tentang bullying di Kota Pekanbaru dengan desain penelitian deskriptif dan metode survei. Sampel penelitian adalah 154 orang responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi menggunakan teknik purposive sampling. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi karakteristik responden dan tingkat pengetahuan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan guru SMPN tentang bullying di Kota Pekanbaru pada umumnya adalah baik (76%-100%), yaitu sebanyak 121 responden (78,6%). Guru diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dengan berpartisipasi aktif dalam sosialisasi atau seminar terkait isu terbaru bullying di sekolah

Keywords


Bullying, Guru, Pengetahuan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30652/jni.v10i1.7874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.