PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PROFESI NERS DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS RIAU

Muhammad Fauzan 'Azima, Wan Nishfa Dewi, Riri Novayelinda

Abstract


Pendidikan profesi Ners merupakan proses mahasiswa menjadi seorang perawat profesional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan profesi Ners yang meliputi persepsi terhadap dosen, pembimbing klinik dan metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keperawatan Universitas Riau dengan 98 sampel dengan teknik total sampling sesuai kriteria inklusi. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat. Hasil penelitian ini mayoritas jenis kelamin responden adalah perempuan berjumlah 94 orang (95,9%), mayoritas berumur 23 tahun sebanyak 50 orang (41%). Persepsi terhadap dosen didapatkan sebanyak 59 orang memiliki persepsi yang baik (60,2%) pada stase Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Anak, Keperawatan Keluarga dan Keperawatan Gerontik. Hasil penelitian ini juga menjelaskan sebanyak 70 mahasiswa memiliki persepsi yang baik terhadap pembimbing klinik (71,4%) pada stase Keperawatan Jiwa, Keperawatan Keluarga dan Keperawatan Gerontik. Persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran menunjukkan sebanyak 56 orangĀ  memiliki persepsi yang baik (57,1%) pada stase Keperawatan Jiwa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan rata-rata mahasiswa memiliki persepsi yang baik terhadap dosen, pembimbing klinik dan metode pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada institusi pendidikan untuk mengevaluasi proses pendidikan profesi Ners berdasarkan hasil penelitian dan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian analisis kualitatif terkait pengalaman mahasiswa dalam menjalani pendidikan profesi Ners.


Keywords


Fakultas keperawatan, mahasiswa keperawatan, persepsi, profesi ners

Full Text:

PDF

References


Alifah, (2017). Hubungan persepsi mahasiswa mengenai pembimbing klinik terhadap pencapaian kompetensi klinik. Journal of Diponegoro University Institutional Repository. Diperoleh tanggal 06 Februari 2019 dari https://eprints.undip.ac.id/56266/

Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci kesuksesan berkiprah di dunia politik. Jakarta: Gramedia

Irham, M. & Wiyani, N.A. (2017). Psikologi Pendidikan: Teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA

Kalen, S., Stenfors-Hayes., Hylin U., Larm MF., Hindbeck H., Ponzer S. (2010). Mentoring medical students during clinical course : a way to enhance professional development. Taylor & Francis Online. Diperoleh tanggal 20 maret 2019 dari https://www.tandfonline.com/doi/full/10.3109/01421591003695295

Khasanah, N. (2017). Gambaran penerapan metode konferensi pada mahasiswa program profesi ners universitas diponegoro. Journal of Diponegoro University Institutional Repository. Diperoleh tanggal 11 Juni 2019 dari https://eprints.undip.ac.id/54559

Nursalam & Efendi, F. (2008). Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Purwani, F. (2010). Hubungan antara persepsi mahasiswaterhadap pembimbingan klinik dan motivasi belajar praktik klinik di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Journal Universitas Sebelas Maret Institusional Repository. Diperoleh tanggal 11 Juni 2019 dari https://eprints.uns.ac.id/10488.

Siahaan, (2017). Metode pembelajaran klinik dan hambatannya pada program pendidikan ners menurut persepsi mahasiswa. Jurnal Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara. Diperoleh tanggal 06 Februari 2019 dari https://respositori.usu.ac.id/handle/123456789/1513

Suwarno, W. (2009). Psikologi perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38, (2014). Keperawatan. Jakarta: KEMENKUMHAM RI

Upoyo, S. A. & Sumarwati, M. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa profesi ners jurusan keperawatan unsoed purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 6, No.2, Juli 2011. Diperoleh tanggal 06 Februari 2019 dari https://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/view/331/171




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jni.12.2.170-176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ners Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.