STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN PERAWAT MELAKUKAN RONDE KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH PADANG
Kata Kunci:
Pelayanan, Perawat, Ronde KeperawatanAbstrak
Pelayanan keperawatan sering dijadikan tolak ukur citra dan mutu sebuah Rumah Sakit di mata masyarakat. Ronde keperawatan merupakan salah satu metode pada manajemen keperawatan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan perawat.Ronde keperawatan yang tidak baik dapat manjadi salah satu faktor yang memperlama proses penyembuhan di rumah sakit Kegagalan dalam melakukan ronde keperawatan akan beresiko terhadap beratnya penyakit, ancaman hidup dan disfungsi fisik sehingga mutu pelayanan menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi Pengalaman Perawat Melakukan Ronde Keperawatan Di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang. Sebanyak sepuluh perawat berpartisipasi dalam penelitian fenomenologi deskriptif ini melalui wawancara mendalam. Partisipan diperoleh melalui purposive sampling. Data dianalisis dengan metode Collaizi. Hasil penelitian menemukan empat tema yaitu (1) Pengetahuan Perawat Tentang Ronde Keperawatan Belum Memadai; 2) Persiapan Ronde Keperawatan Yang Belum Memadai; 3) Hambatan Ronde Pelaksanaan Ronde Keperawatan Berdasarkan Beban Kerja, Kurang Pengetahuan, Tidak Adanya Kebijakan dan Motivasi Rendah Dalam Bekerja; 4) Ronde Keperawatan Bertujuan Meningkatkan Kompetensi Perawat dan Sebagai Problem Solving Bagi Pasien. Hasil ini memberikan gambaran pentingnya pengalaman perawat dalam melakukan ronde keperawatan. Diharapkan kepada manajer RSI Siti Rahmah Padang untuk melakukan controlling dalam pelaksanaan ronde keperawatan sehingga mutu pelayanan keperawatan optimal.
Referensi
Abela-dimech, F., & Vuksic, O. (2018). Improving The Practice Of Handover For Psychiatric Inpatient Nursing Staf, Archivers Of Psychiatric Nursing. W.B Sounders. https://doi.org/10.1016/J.APNU.2018.04.004.
Agustina, V., Agustian, D., & Ibrahim, F. (2016). The Relationship between Knowledge Level and Nurse Attitude in the Implementation of Nursing Rounds in the Aster Room and ICCU RSUD dr. Diris Sylvanus. Health Dynamics, 7(1).
Arin, S. (2015). Case Round Training to Improve Nursing Staff Performance at PKU Muhammadya General Hospital. Journal Surakarta.
Clement, I. (2018). Management Nursing Services Nad Education (1st ed.). Indiax: Elsevier.
Kozier, B., Erb, G., & Berman, A. (2014). Fundamental Of nursing: Concept, Proses & Practice (7th ed.). New Jersey: Person Prentice Hall.
Negarandeh, R., Hooshmand Bahadi, A., & Aliheydari Mamaghani, J. (2014). Impact Of Regular Nursing Rounds On Patient Satisfaction wiht nursing Care. Asian Nursing Research: Elsevier, 8(4), 282–285. https://doi.org/10.1016/j.anr.2014.10.005.
Nursalam. (2014). Nursing Management Applications in Professional Nursing Practice (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam, & Efendi. (2018). Education In Nursing. Jakarta: Salemba Medika.
Saleh, Z. (2018). The Influence of Nursing Rounds on Job Satisfaction of Implementing Nurses in the Inpatient Room of Abdul Wahab Hospital Sjarahnie Samarinda. Indonesia University.
Setiadi. (2012). Nursing Research Writing Concepts and Practices (2nd ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siahaan, J. V., Siagian, A., & Bukit, E. K. (2018). The Effect of Nursing Round Training on Nurse Performance in Nursing Care at Royal Prima Hospital Medan. Jumantik, 3(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/jumantik.v3i1.1214
Syella, T. (2018). The Effect of Training on Knowledge of the Implementation of the Nursing Round at the Maria Walanda Maramis Hospital Airmadidi. Sariputra Bulletin, 8(2).
Weiss, S, A., & Tappen, R, M. (2015). Nursing Leadership and Management Nursing Leadership.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yuanita Ananda, Zifriyanthi Minanda Putri, Mulyanti Roberto Muliantino, Muthmainnah, Edo Gusdiansyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.