STIMULASI DENGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 2-3 TAHUN

Penulis

  • Awaliyah Ulfah Ayudytha Ezdha STIKes Pekanbaru Medical Center
  • Dwi Elka STIKes Pekanbaru Medical Center
  • Silvia Nora Anggreini STIKes Pekanbaru Medical Center
  • Isna Ovari STIKes Pekanbaru Medical Center
  • Fitra Wahyuni STIKes Pekanbaru Medical Center
  • Nora Tri Anggreini STIKes Pekanbaru Medical Center

DOI:

https://doi.org/10.31258/jni.14.1.80-85

Kata Kunci:

Denver Development Screening Test, Perkembangan Bahasa, Stimulasi Media video Interaktif

Abstrak

Perkembangan bahasa adalah salah satu aspek yang penting dalam perkembangan anak, karena akan mampu membangun kemampuan kognitif, sosial, emosional pada anak. Stimulasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Proses pemberian stimulasi pada anak memegang peranan yang sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian stimulasi dengan media interaktif terhadap perkembangan bahasa anak usia 2-3 tahun di Kecamatan Bukit Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental dengan rancangan Pre dan Post test design with one group. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling yaitu anak didik dari PAUD Terpadu Dinda Kids, Kelompok Bermain Cerliana dan Daycare Soleh Kids, sebanyak 30 responden. Pemberian stimuasi media interaktif dilakukan selama 2 kali dalam satu minggu selama 3 minggu berturut turut. Perkembangan bahasa anak dinilai sebelum (pre) dan sesudah (post) pemberian stimulasi media interaktif dengan menggunakan instrumen Denver Development Screening Test (DDST). Hasil penelitian didapatkan 27 responden (90%) dikategorikan normal perkembangan Bahasa anak , 3 responden (10%) dikategorikan suspect perkembangan Bahasa anak dan tidak ada responden yang dikategorikan untestable. Berdasarkan uji statistic dengan menggunakan uji Wilcoxon sign rank, peningkatan perkembangan yang bermakna sebelum (93,35) dan sesudah pemberian stimulasi media interaktif (103) dengan p-value 0,000 (<0,05), maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan perkembangan bahasa anak sesudah pemberian stimulasi dengan media interaktif. Dengan adanya stimulasi media interaktif diharapkan dapat membantu dalam peningkatan perkembangan bahasa anak usia 2-3 tahun.

Referensi

ri Adiputri, N. W. (2021). Hubungan Stimulasi Dan Pengetahuan Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Balita Usia 1-2,5 Tahun Di Puskesmas I Denpasar Selatan. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 5(2), 116–121. https://doi.org/10.36341/jomis.v5i2.1751

Fransisca, D., & Yusuf, R. N. (2018). Jurnal Kesehatan Medika Saintika. Jurnal Kesehatan Medika Saintika Volume, 10(2), 11–24.

Gowa, K., Dengan, T., & Arima, M. (2020). Skripsi Oleh : ERDIN.

Madyawati, Lilis, M. S. (2021). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak.

Maduratna, E. S. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler. NURSING UPDATE : Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan. P-ISSN : 2085-5931 e-ISSN : 2623-2871, 1(2), 7-14, https://doi.org/10.36089/nu.vli2.60

Marisa, R. (2015). Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Anak. FKIP Universitas Almuslim. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 1-9

Maya, S. (2020). Psikologi Perkembangan Anak. C-KLIK Media

Nurrahmi1, S., Isfaizah2, (2021). Pemberian Stimulasi Oleh Ibu Berhubungan dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun di Wilayah Kerja Bidan Desa Kertaharja. 3(2), 246–255.

Putra, A. Y., Yudiemawat, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di PAUD Asparaga Malang. Nursing News, 3(1), 563–571.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–46.

Sari, L., & Zulaikha, F. (2020). Hubungan Stimulasi Orang Tua, Pola Asuh dan Lingkungan Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di PAUD Kota Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 1(3), 2235–2242

Saputra, F., Hasanah, O., & Sabrian, F. (2015). Perbedaan Tumbuh Kembang Anak Toddler yang Diasuh Orang Tua dengan Yang dititipkan di Tempat Penitipan Anak (TPA). Jom, 2(2), 1112-1129

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Ezdha, A. U. A., Dwi Elka, Anggreini, S. N., Ovari, I., Wahyuni, F., & Anggreini, N. T. (2023). STIMULASI DENGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 2-3 TAHUN . Jurnal Ners Indonesia, 14(1), 80–85. https://doi.org/10.31258/jni.14.1.80-85

Terbitan

Bagian

Articles