FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN DALAM MENJALANI PEMBELAJARAN JARAK JAUH AKIBAT COVID-19

Wahyuni Wahyuni, Veny Elita, Wan Nishfa Dewi

Abstract


Stres adalah kondisi yang tidak menyenangkan dimana manusia melihat adanya tuntutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab stres pada mahasiswa Fakultas keperawatan   dalam menjalani pembelajaran jarak jauh akibat covid-19. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keperawatan pada bulan Agustus 2020 menggunakan desain korelasi cross sectional dengan total 522 sampel, alat ukur yang digunakan adalah Depression Anxiety stress scales (DASS) untuk variabel tingkat stres dan kuesioner yang didesain sendiri oleh peneliti sesuai literature dan jurnal. Hasil penelitian menemukan bahwa penyebab tingkat stres pada mahasiswa Fakultas Keperawatan   dalam menjalani pembelajaran jarak jauh akibat covid-19 adalah tugas pembelajaran 66,3% (p = 0,000). Faktor- faktor yang tidak berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh akibat covid-19 adalah koneksi internet 56,7 % (p-value = 0,187) dan kuota internet 75,9% (p-value = 0,152). Hasil penelitian ini diketahui bahwa mahasiswa mengalami stres sedang (37,7%), stres ringan (13,9%), stres berat (19,9%) dan stres sangat berat (31,5%) dikaitkan dengan pembelajaran berat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor penyebab stres pada mahasiswa Fakultas Keperawatan  adalah  tugas pembelajaran

Keywords


Covid-19, mahasiswa keperawatan, pembelajaran jarak jauh, stres

Full Text:

PDF

References


Fiest, J.,& Fiest, G.J. (2009). Theory of personality (7th Ed,). Mcgraw-Hill.

Habut, M. Y., Nurmawan, I. P. S., & Wiryanthini, I. A. D. (2016). Hubungan indeks massa tubuh dan aktivitas fisik terhadap keseimbangan dinamis pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Udayana. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 2(1).

Handayani, W. P., Setiawan, D. I., & Widayati, R. W. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres menghadapi objektive structured clinical examination pada mahasiswa Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 4(1), 106-111.di peroleh 5 mei 2020 http://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/57

Ilmiah, S., & Setiawan, A. R. (2020). Student worksheet for distance learning based on scientific literacy in the topic corona disease 2019. Diperoleh 1 Mei 2020 https://www.researchgate.net/publication/340916913_Students'_Worksheet_for_Distance_Learning_Based_on_Scientific_Literacy_in_the_Topic_Coronavirus_Disease_2019_COVID-19

Kusnayat, A., Muiz, M, H., Sumarni, N., Mansyur, A, S., & Zaqiah, Q, Y,. (2020). Pengaruh teknologi pembelajaran kuliah online di era covid-19 terhadap mental mahasiswa . Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153-164 diperoleh pada 1 Mei 2020 http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/1987

Munawaroh, I. (2005). Virtual learning dalam pembelajaran jarak jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran, (2). Diperoleh 1 Mei 2020 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/5979

Nasir, A., & Muhith, A. (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa: Pengantar Dan Teori. Jakarta: Salemba medika

Nugroho, A. (2012). Pengembangan model pembelajaran jarak jauh berbasis web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72-78. Diperoleh 1 Mei dari https://media.neliti.com/media/publications/142959-ID-none.pdf

PH, L., Mubin, M, F., & Basthomi, Y. (2020). Tugas pembelajaran penyebab stress mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. 3(2), 203-208

Prasetyo, L. E. (2010). Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di SMU N 1 Wonosari Klaten Berbasis Web Dengan PHP Dan MYSQL (Doctoral dissertation, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta). Diperoleh 1 Mei dari http://eprints.ums.ac.id/8981/1/D400050003.pdf

Pratiwi, E, W. (2020). Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online disebuah perguruan tinggi kristen di indonesia. Perspektik Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-7

Putri, S. D. I. (2018). Factor – faktor penyebab stres pada mahasiswa keperawatan yang pertama kali menjalani praktik klinik. Skripsi. Pekanbaru: Riau

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Diperoleh 5 April 2020 https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rachmawati, V., & Mustikasari, M. (2020).Tingkat kecemasan dan stres pada mahasiswa yang mengikuti objective structure clinical examination (OSCE). Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 3(3), 157-164.

Rismalinda. (2017). Buku ajar psikologi kesehatan. Jakarta: Trans Info Media

Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan (edisi 2). Jakarta: Kencana.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar kegiatan literasi saintifik untuk pembelajaran jarak jauh topic penyakit coronavirus 2019 (covid-19). Universitas Lampung. Jurnal Ilmu Pendidikan. (28-37). Diperoleh 1 Mei dari https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/80

Setiawati, O. R., Wulandari, M., & Mayestika, D. (2016). Hubungan kualitas tidur dengan stres pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas malahayati tahun akademik 2015/2016. Jurnal ilmu kedokteran dan kesehatan, 3(3). Diperoleh tanggal 12 Januari 2020 http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kesehatan/article/download/752/694

Siswanto, S. (2014).Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi mahasiswa S1 keperawatan untuk melanjutkan profesi ners.

Yosep, I., & Sutini, T. (2016). Buku ajar keperawatan jiwa. Bandung: PT Refika Aditama

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8. Di peroleh 20 juli 2020 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/14921




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jni.12.2.196-204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ners Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.