PSIKOEDUKASI UNTUK MENGURANGI STIGMA DIRI PADA PENDERITA GANGGUAN JIWA : SYSTEMATIC REVIEW

Penulis

  • Safra Ria Kurniati STIKes Hang Tuah Tanjungpinang
  • Mawar Eka Putri STIKes Hang Tuah Tanjungpinang
  • Hotmaria Julia Dolok Saribu STIKes Hang Tuah Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31258/jni.13.2.96-107

Kata Kunci:

Gangguan jiwa, Psikoedukasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bukti ilmiah tentang psikoedukasi sebagai intervensi untuk membantu mengurangi stigma diri. Berdasarkan pencarian literatur menggunakan diagram alur PRISMA dari tiga database seperti Science Direct, ProQuest, dan PUBMED, sebanyak 3903 artikel dari 2017 hingga 2022 ditemukan dan dilakukan screening. Kriteria inklusi adalah artikel yang berfokus pada penyakit jiwa berat, diterbitkan dalam jurnal berbahasa Inggris, dan penelitian orisinal dengan desain kuantitatif. Pada proses akhir, 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dianalisis menggunakan CASP tools. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikoedukasi merupakan intervensi yang efektif untuk mengurangi stigma diri. Nilai-nilai yang diukur meliputi stigma, pemberdayaan, dan persepsi diskriminasi. Psikoedukasi difokuskan pada pengurangan stigma diri dengan mengoreksi ide-ide yang tidak akurat tentang gangguan mental, dan hubungan antara gangguan mental dan aktivitas kriminal atau kekerasan. Penelitian yang mengevaluasi psikoedukasi pada stigma diri pasien sakit jiwa sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengobatan, rencana asuhan keperawatan , dan tindakan pencegahan untuk kekambuhan

Referensi

Berghöfer, A., Martin, L., Hense, S., Weinmann, S., & Roll, S. (2020). Quality of life in patients with severe mental illness: a cross-sectional survey in an integrated outpatient health care model. Quality of Life Research. https://doi.org/10.1007/s11136-020-02470-0

Corrigan, P. W., Larson, J. E., & Rüsch, N. (2009). Self-stigma and the “why try” effect: Impact on life goals and evidence-based practices. In World Psychiatry. https://doi.org/10.1002/j.2051-5545.2009.tb00218.x

Corrigan, P. W., & Watson, A. C. (2002). Understanding the impact of stigma on people with mental illness. World Psychiatry : Official Journal of the World Psychiatric Association (WPA).

Ghanean, H., Nojomi, M., & Jacobsson, L. (2011). Internalized stigma of mental illness in Tehran, Iran. Stigma Research and Action. https://doi.org/10.5463/sra.v1i1.10

Ivezi, S. Ŝ., Sesar, M. A., & Muẑini, L. (2017). Effects of a group psychoeducation program on self-stigma, empowerment and perceived discrimination of persons with schizophrenia. Psychiatria Danubina. https://doi.org/10.24869/psyd.2017.66

Keshavarzpir, Z., Seyedfatemi, N., Mardani-Hamooleh, M., Esmaeeli, N., & Boyd, J. E. (2020). The Effect of Psychoeducation on Internalized Stigma of the Hospitalized Patients with Bipolar Disorder: A Quasi-Experimental Study. Issues in Mental Health Nursing. https://doi.org/10.1080/01612840.2020.1779881

Latalova, K., Kamaradova, D., & Prasko, J. (2014). Perspectives on perceived stigma and self-stigma in adult male patients with depression. In Neuropsychiatric Disease and Treatment. https://doi.org/10.2147/NDT.S54081

Maharjan, S., & Panthee, B. (2019). Prevalence of self-stigma and its association with self-esteem among psychiatric patients in a Nepalese teaching hospital: A cross-sectional study. BMC Psychiatry. https://doi.org/10.1186/s12888-019-2344-8

Oexle, N., Waldmann, T., Staiger, T., Xu, Z., & Rüsch, N. (2018). Mental illness stigma and suicidality: The role of public and individual stigma. Epidemiology and Psychiatric Sciences. https://doi.org/10.1017/S2045796016000949

Rössler, W. (2016). The stigma of mental disorders. EMBO Reports. https://doi.org/10.15252/embr.201643041

Subu, M. A., Wati, D. F., Netrida, N., Priscilla, V., Dias, J. M., Abraham, M. S., Slewa-Younan, S., & Al-Yateem, N. (2021). Types of stigma experienced by patients with mental illness and mental health nurses in Indonesia: a qualitative content analysis. International Journal of Mental Health Systems. https://doi.org/10.1186/s13033-021-00502-x

Uchino, T., Maeda, M., & Uchimura, N. (2012). Psychoeducation may reduce self-stigma of people with schizophrenia and schizoaffective disorder. Kurume Medical Journal. https://doi.org/10.2739/kurumemedj.59.25

Wardani, I. Y., & Dewi, F. A. (2018). Kualitas Hidup Pasien Skizofrenia Dipersepsikan Melalui Stigma Diri. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(1), 17–26. https://doi.org/10.7454/jki.v21i1.485

Wilson, L., Crowe, M., Scott, A., & Lacey, C. (2018). Psychoeducation for bipolar disorder: A discourse analysis. International Journal of Mental Health Nursing. https://doi.org/10.1111/inm.12328

Yılmaz, E., & Kavak, F. (2020). Effects of Mindfulness-Based Psychoeducation on the Internalized Stigmatization Level of Patients With Schizophrenia. Clinical Nursing Research. https://doi.org/10.1177/1054773818797871

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-31

Cara Mengutip

Kurniati, S. R., Putri, M. E., & Saribu, H. J. D. (2023). PSIKOEDUKASI UNTUK MENGURANGI STIGMA DIRI PADA PENDERITA GANGGUAN JIWA : SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Ners Indonesia, 13(2), 96–107. https://doi.org/10.31258/jni.13.2.96-107

Terbitan

Bagian

Articles