HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA RUANGAN DAN KEDISIPLINAN PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN HANDOVER DI RUANG RAWAT INAP

Authors

  • Rachmawaty M. Noer STIKes Awal Bros Batam
  • Jumiatun Hidayah STIKes Awal Bros Batam
  • Mira Agusthia STIKes Awal Bros Batam

DOI:

https://doi.org/10.31258/jni.11.2.130-141

Keywords:

kepemimpinan, kedisiplinan, handover

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kepemimpinan kepala ruangan dan kedisiplinan perawat dengan pelaksanaan handover di RSUD Encik Mariyam tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Metode sampling yang digunakan adalah total sampling dengan besar sample 31 orang perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Encik Mariyam. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi oleh peneliti dan pengisian kuesioner oleh responden. Hasil analisa univariat didapatkan gambaran kepemimpinan kepala ruangan pada kategori cukup (71%), gambaran kedisiplinan perawat pada kategori cukup (64.5%) dan gambaran pelaksanaan handover pada kategori tidak terlaksana (58.1%). Hasil analisa bivariate dengan uji spearman rho didapatkan hubungan kepemimpinan kepala ruangan dan pelaksanaan handover (p value= 0.000); dan hubungan kedisiplinan perawat dan pelaksanaan handover (p value= 0.000). Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala ruangan dan kedisiplinan perawat dengan pelaksanaan handover di RSUD Encik Mariyam tahun 2020. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan agar instansi pelayanan kesehatan meningkatkan peran kepemimpinan kepala ruangan serta kedisiplinan perawat guna meningkatkan efektivitas pelaksanaan handover, agar instansi pendidikan memberikan kesempatan untuk mendalami serta melakukan penelitian lebih lanjut terkait pelaksanaan handover

References

Ayuni. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Timbang Terima Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman.

Dewi, M. (2016). Hubungan sikap Disiplin Perawat dengan Efektivitas Pelaksanaan Timbang Terima DI RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo.

Dewi, R. (2019). Studi Fenomenology Pelaksanaan Handover dengan Komunikasi SBAR. Jurnal Endurance.

Eggins. (2015). Communication In Clinical Handover: Improving The Safety And Quality Of The Patient Experience. Public Health Research.

Fabre. (2015). Membangun Budaya Keselamatan Pasien. FKUI Balai Penerbit.

Hardinata, D. (2018). Peran, Fungsi Kepala Ruangan Terhadap Komunikasi Efektif dan Kualitas Handover. Skripsi tidak diterbitkan.

Istiningtyas, A. (2018). Hubungan Kepemimpinan Kepala Ruang Saat Handover Dengan Pelaksanaan Handover. Kesehatan Kusuma Husada.

QA, D. (2018). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Timbang Terima Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman. . Kebidanan Voluem 10 No.1 ISSN 163-172.

R, D. (2019). Studi Fenomenology Pelaksanaan Handover dengan Komunikasi SBAR. Jurnal Endurance.

Saksono. (2016). Manajemen Keselamatan Pasien. Mitra Media.

Slade, D. (2019). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Timbang Terima Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman. . Kebidanan Volumen 10 No.1 ISSN 163-172.

Thomson, H. (2015). Factors Influencing Quality of Emergency Department Nurse Shift Handover.

Triwibowo. (2016). Studi Kualitatif: Peran Handover Dalam Meningkatkan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

M. Noer, R., Hidayah, J., & Agusthia, M. (2021). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA RUANGAN DAN KEDISIPLINAN PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN HANDOVER DI RUANG RAWAT INAP. Jurnal Ners Indonesia, 11(2), 130–141. https://doi.org/10.31258/jni.11.2.130-141

Issue

Section

Articles