PENILAIAN KINERJA DOSEN DALAM BIMBINGAN SKRIPSI

Authors

  • Siska Mayang Sari STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Ennimay Ennimay STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31258/jni.12.1.67-79

Keywords:

Bimbingan, Kinerja dosen, Skripsi

Abstract

Tenaga dosen sebagai salah satu komponen penting dalam Pendidikan tinggi memiliki tugas dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah membimbing tugas akhir/ skripsi dalam komponen melaksanakan pengajaran dan Pendidikan. Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan mahasiswa pada program sarjana sebagai syarat memperoleh gelar sarjana keperawatan (S.Kep). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penilaian kinerja dosen dalam bimbingan skripsi dengan kualitas skripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif analitik, dengan desain  korelasi dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh lulusan S.Kep tahun ajaran 2019/2020 dan 2020/2021 yang masih terdaftar menjadi mahasiswa Ners yang berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total Sampling. Cara pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan telusur dokumen Skripsi pada prodi S1 Keperawatan. Analisis data menggunakan bivariat menggunakan Chi-Square. Hasil uji chi-square didapatkan p-value 0.219 (>0.05) yang bermakna tidak terdapat hubungan antara kinerja dosen dalam bimbingan skripsi dengan kualitas skripsi mahasiswa berdasarkan persepsi mahasiswa. Meskipun demikian, diharapkan kepada prodi S1 Keperawatan STIKes Hang Tuah Pekanbaru untuk menerapkan penilaian kinerja dosen dalam bimbingan skripsi sebagai salah satu upaya evaluasi bimbingan skripsi dan kinerja dosen.

Author Biography

Siska Mayang Sari, STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Bagian Keperawatan dasar, dasar keperawatan & Manajemen Keperawatan

References

Alligood, M.R., (2013). Nursing theory. Utilization & application. 5 edition. St.Louis, Missouri: Elsevier

Dikti, K. (2019). Rubrik beban kerja dosen (BKD).

Fathonah, S., Wahyuningsih, S. E., Wahyuningsih, U., Teknologi, J., & Semarang, U. N. (2011). Determinan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 127–136.

Hartanto, U., & Aisyah, M. N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi mahasiswa pendidikan akuntansi UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1).

Lestari, N.A.,(2012). Hubungan ekspekstasi terhadap dosen pembimbing dengan motivasi menulis skripsi. Educational Pschycology Journal. 1(1). 1-8.

Mendikbud RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. In Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (pp. 1–76).

Peraturan Pemerintah RI. (2009). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 Tentang Dosen. ???

Presiden Republik Indonesia. (2012). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012.

Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Hang Tuah Pekanbaru. (2018). Buku Panduan Akademik Program Studi Sarjana Keperawatan T.A 2018-2019.

Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Hang Tuah Pekanbaru. (2020). Panduan Skripsi Program Studi Sarjana Keperawatan (Issue 5).

Rismen, S. (2015). Analisis kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian skripsi di Prodi Matematika STKIP PGRI. LEMMA. 1(2). 57-62.

Ristianti, D.H., (2017). Analisis hubungan interpersonal mahasiswa terhadap dosen dalam proses bimbingan skripsi. Islamic Counseling. Vol 1(1). 25-40

Saputra, R. (2018). Pola komunikasi dosen dan mahasiswa dalam bimbingan skripsi. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 109–114.

STIKes Hang Tuah Pekanbaru. (2018a). Peraturan Akademik STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

STIKes Hang Tuah Pekanbaru. (2018b). STATUTA STIKes HANG TUAH PEKANBARU.

Zulkifli, N. (2012). Persepsi mahasiswa tentang peranan dosen pembimbing dalam pembuatan tugas akhir (skripsi) mahasiswa. EDUCHILD, 01(1), 50–58.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Sari, S. M., & Ennimay, E. (2021). PENILAIAN KINERJA DOSEN DALAM BIMBINGAN SKRIPSI. Jurnal Ners Indonesia, 12(1), 67–79. https://doi.org/10.31258/jni.12.1.67-79