PENGALAMAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA

Authors

  • Rini Intan Pratiwi STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Lita Lita STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Yecy Anggreny STIKes Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31258/jni.9.2.136-142

Keywords:

Anak Usia Sekolah, Pengalaman, Sosial Media

Abstract

Globalisasi yang terjadi di era ini membuat proses berkomunikasi menjadi semakin cepat dan mudah. Kemudahan  dalam proses komunikasi terjadi karena adanya jaringan internet, dan salah satu layanan komunikasi langsungnya adalah sosial media. Pengguna sosial media saat ini tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman anak usia sekolah dalam menggunakan sosial media. Penelitian ini adalah kualitatif dengan studi fenomenologi. Partisipan kunci pada penelitian ini berjumlah 8 orang siswa berusia 10-12 tahun dan menggunakan sosial media. Teknik sampling yang digunakan adalah metode snowball sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah in-depth interview. Data dianalisa dengan menggunakan teknik Moustakas. Hasil penelitian ini didapatkan 4 tema, pertama adalah manfaat menggunakan sosial media (mendapatkan informasi, komunikasi, teman baru dan menyelesaikan tugas sekolah) kedua adalah kerugian (belajar terganggu dan mendapatkan jenis informasi negatif). Ketiga, yaitu pengembangan diri (mengembangkan hobi melalui menonton video). Terakhir, yaitu alasan menggunakan sosial media (menghilangkan rasa bosan, mendapat informasi terbaru dan berkomunikasi). Hasil penelitian ini dapat memberikan pengetahuan terhadap anak usia sekolah terkait hal yang di dapatkan dari sosial media, serta pengaruhnya terhadap pendidikan, perkembangan, dan hubungan sosial anak usia sekolah tersebut

References

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. CHANNEL Jurnal Komunikasi, 3(2), 1–16.

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media. Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 118–123.

Innova, E. I. (2016). Motif dan Kepuasan Pengguna Instagram di Komunitas Instameet Indonesia. E-Komunikasi, 4, 1–11.

Istikomariah. (2016). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Peer Acceptance Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 41–49.

Juwita, E. P., Dasim, B., dan Siti, N. (2013). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa Sma Negeri 5 Bandung. Sosietas, 5.

Loen, Timothy. (9 November 2017). Batas Usia Minimal Anak yang Boleh Pakai Media Sosial. CNN Indonesia.

Mahendra, B. (2017). Mahendra: Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram ... Visi Komunikasi, 16(1), 151–160.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Novia, Michelle. (2015). Dampak Penggunaan Sosial Media terhadap Murid SMA Santa Angela Kelas X-IBA. Skripsi tidak dipublikasikan.

Pramiyanti, A., Putri, I. P., dan Nureni, R. (2011). (Studi Pada Remaja Di Daerah Sub-Urban Kota Bandung). Komuniti, VI, 95–103.

Rohmadi, Arif. (2016). Tips Produktif Ber-Social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Setyaningsih, Titik. (2010). Buku Pintar Internet ; E-mail, Mailbox, Browsing, Friendster, Facebook. Grafika Mulia

Triastuti, Endah., Dimas, A.I.P., dan Akmalia, N. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja. Depok: Puskakom.

Wong. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Jakarta : EGC

Published

2019-11-21

How to Cite

Pratiwi, R. I., Lita, L., & Anggreny, Y. (2019). PENGALAMAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA. Jurnal Ners Indonesia, 9(2), 136–142. https://doi.org/10.31258/jni.9.2.136-142

Issue

Section

Articles