FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI STIKES PAYUNG NEGERI PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31258/jni.8.2.124-131Keywords:
Ansietas, Mahasiswa, Tugas AkhirAbstract
Kesulitan mahasiswa menyelesaikan tugas akhir sering menjadi beban bagi mahasiswa itu sendiri dan menjadikan beban tersebut sebagai pikiran negatif yang nantinya akan menimbulkan kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitafif kolerasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa STIkes Payung Negeri Pekanbaru dari berbagai jurusan dengan jumlah populasi 272 mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dengan 162 sampel. Alat ukur faktor dosen pembimbing, teman sebaya dan lingkungan menggunakan kuesioner yang dimodifikasi oleh peneliti dan dilakukan uji validitas dan reabilitas, sedangkan alat ukut kecemasan menggunakan State and Trait Anxiety Inventory (STAI) yang terdiri dari 20 pertanyaan. Penelitian ini dianalisis menggunakan komputer dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dosen pembimbing, teman sebaya dan lingkungan dengan ansietas mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dengan p value < 0,05. Penelitian ini merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan mahasiswa saat menyelesaikan tugas akhir.References
Alafgani, A. P. (2013) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur Fptk Upi Dalam Penyelesaian Tugas akhir di askes dari repository.upi.edu/2435
Batara, P. (2010). Solusi Cerdas Mengatasi Cemas. Jakarta: ST Book
Demak, I.P.K, Suherman. (2016). Hubungan Umur, Jenis Kelamin Mahasiswa Dan Pendapatan Orangtua Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Pendidikan Sarjana Program Studi Pendidikan Dokter FKIK Universitas Tadulako jurnal.untad.ac.id/ diakses pada 14 Januari 2017
Hartato, (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Tugas Akhir Tugas akhir Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2011 Diperoleh tanggal 08 Januari 2017 dari eprints.uny.ac.id/30748/1/Ujang%20Hartato%20_%2012803249001.pdf
Hawari, D. (2011). Manajemen Stress, Cemas, Dan Depresi. Jakarta : FKUI
Irham, M & Wiyani, N. A (2013). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Irmayanti, & Warsito. (2012). Penerapan Strategi Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Menjelang Ujian VOL. 6. Surabaya : FIP Unesa
Kaplan, & sadock. (2010). Buku Ajar Psikiatri Klinis (Concise Textbook Of Clinical Psychiatry). Jakarta : EGC
Kusnendar, F & Suwachid & Wijayanto, D. S (2013) Analisis Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik Dan Kejuruan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta diakses dari www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jppp8c3437b5d82fu
Mukhayyaroh, L. (2012). Kecemasan Menyusun Tugas Akhir Ditinjau Dari Berpikir Positif pada mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Universitas Muhammadiyah Semarang http://ilib.usm.ac.id/ diakses pada 28 Feb 2017
Prabowo, (2010). Gambaran gangguan kecemasan pada mahasiswa fakultas kedokteran universita “x” angkatan 2007. Di peroleh tanggal 16 Februari 2017 dari majour.maranatha.edu/
Purwanto, M.N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia
Riyadi, & Purwanto, T. (2009). Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Graha Ilmu