FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI STIKES PAYUNG NEGERI PEKANBARU

Eka Malfasari, Yeni Devita, Fitry Erlin, Filer Filer

Abstract


Kesulitan mahasiswa menyelesaikan tugas akhir sering menjadi beban bagi mahasiswa itu sendiri dan menjadikan beban tersebut sebagai pikiran negatif yang nantinya akan menimbulkan kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitafif kolerasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa STIkes Payung Negeri Pekanbaru dari berbagai jurusan dengan jumlah populasi 272  mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dengan 162 sampel. Alat ukur faktor dosen  pembimbing, teman sebaya dan lingkungan menggunakan kuesioner yang dimodifikasi oleh peneliti dan dilakukan uji validitas dan reabilitas, sedangkan alat ukut kecemasan menggunakan State and Trait Anxiety Inventory (STAI) yang terdiri dari 20 pertanyaan. Penelitian ini dianalisis menggunakan komputer dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dosen pembimbing, teman sebaya dan lingkungan dengan ansietas mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dengan p value < 0,05. Penelitian ini merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan mahasiswa saat menyelesaikan tugas akhir.

Keywords


Ansietas; Mahasiswa; Tugas Akhir

Full Text:

PDF

References


Alafgani, A. P. (2013) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur Fptk Upi Dalam Penyelesaian Tugas akhir di askes dari repository.upi.edu/2435

Batara, P. (2010). Solusi Cerdas Mengatasi Cemas. Jakarta: ST Book

Demak, I.P.K, Suherman. (2016). Hubungan Umur, Jenis Kelamin Mahasiswa Dan Pendapatan Orangtua Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Pendidikan Sarjana Program Studi Pendidikan Dokter FKIK Universitas Tadulako jurnal.untad.ac.id/ diakses pada 14 Januari 2017

Hartato, (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Tugas Akhir Tugas akhir Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2011 Diperoleh tanggal 08 Januari 2017 dari eprints.uny.ac.id/30748/1/Ujang%20Hartato%20_%2012803249001.pdf

Hawari, D. (2011). Manajemen Stress, Cemas, Dan Depresi. Jakarta : FKUI

Irham, M & Wiyani, N. A (2013). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Irmayanti, & Warsito. (2012). Penerapan Strategi Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Menjelang Ujian VOL. 6. Surabaya : FIP Unesa

Kaplan, & sadock. (2010). Buku Ajar Psikiatri Klinis (Concise Textbook Of Clinical Psychiatry). Jakarta : EGC

Kusnendar, F & Suwachid & Wijayanto, D. S (2013) Analisis Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik Dan Kejuruan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta diakses dari www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jppp8c3437b5d82fu

Mukhayyaroh, L. (2012). Kecemasan Menyusun Tugas Akhir Ditinjau Dari Berpikir Positif pada mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Universitas Muhammadiyah Semarang http://ilib.usm.ac.id/ diakses pada 28 Feb 2017

Prabowo, (2010). Gambaran gangguan kecemasan pada mahasiswa fakultas kedokteran universita “x” angkatan 2007. Di peroleh tanggal 16 Februari 2017 dari majour.maranatha.edu/

Purwanto, M.N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia

Riyadi, & Purwanto, T. (2009). Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jni.8.2.124-131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ners Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.