Editorial Policies

Focus and Scope

Focus of Jurnal Ners Indonesia is to promote excellence in nursing sciences and practice through the dissemination of the latest, evidence-based, peer-reviewed clinical information and original research. This journal covers a wide range and consider articles of nursing on all aspects on nursing area such as: Fundamental of Nursing, Pediatric Nursing, Maternity Nursing, Psychiatric Nursing, Family and Community Health Nursing, Critical and Intensive Care Nursing, Medical Surgical Nursing, Oncology Nursing, Critical Care Nursing.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Articles are submitted by the author through an online system to Jurnal Ners Indonesia for screening by the Editorial Team. A manuscript is reviewed by at least two referees with double-blind review process before being accepted for publication. The review process will take up to 1 month, and any researcher interested in nursing scope is welcome to be a reviewer by registering to the system, but the decision will be made by the editors according to reviewers’ comments and suggestions. The authors who intend to submit manuscripts to Jurnal Ners Indonesia should follow the guidelines. All manuscripts will be checked for the plagiarism and similarities using Turnitin. 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Jurnal Ners Indonesia

Jurnal Ners Indonesia  berisikan artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analisis, aplikasi dan review tentang bidang ilmu keperawatan, masalah-masalah keperawatan, aplikasi dan penanganan keperawatan.

Jurnal Ners Indonesia diterbitkan sejak September 2010 oleh Program Studi Ilmu Keperawatan dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Pekanbaru. Terbit dua kali dalam setahun yaitu September dan Maret.

e-ISSN : 2685-3116 

p-ISSN : 2087-2763

 

Publication Fees

Jurnal ini membebankan biaya penulis berikut.

Penyerahan Artikel: 0,00 (IDR)

Penulis tidak diharuskan membayar Biaya Penyerahan Artikel ketika mengirimkan naskah ke jurnal.

Artikel Publikasi: 400.000 (IDR)

Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Penulis tidak akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel.

 

Ethics Statement

Dewan redaksi Jurnal Ners Indonesia menetapkan etika publikasi yang mengacu pada pada  peraturan Kepala LIPI nomor 5 tahun 2014 dan Committee on Publication Ethics (COPE). Aturan etika publikasi ini berlaku bagi penulis/pengarang, editor, mitra bebestari/reviewer, dan pengelola jurnal/redaksi.

Etika Penulis

  1. Naskah artikel yang akan diterbitkan oleh JNI terdiri dari hasil penelitian, hasil kajian teoritis yang ditujukan untuk memajukan teori yang ada atau mengadaptasi teori pada suatu keadaan setempat dan/atau hasil penelaahan teori dengan tujuan mengulas dan menyintesis teori-teori yang ada, tinjauan buku baru,  dan rubrik editorial, kegiatan ilmiah organisai profesi. 
  2. Penulis harus segera menanggapi komentar dari reviewer/ mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  3. Penulis harus memastikan bahwa artikel yang dikirimkan adalah naskah asli yang menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya dan belum pernah dipublikasikan. Artikel yang dikirimkan bebas dari duplikasi, fabrikasi (rekaan), falsifikasi (pemalsuan data) dan plagiarism/autoplagiarim.
  4. Naskah artikel yang sedang dalam proses penerbitan atau yang telah diterbitkan oleh JNI menjadi hak milik redaksi dan tidak boleh diterbitkan lagi oleh pihak lain dalam bentuk apapun.
  5. Apabila terdapat kesalahan penulisan naskah, penulis harus segera menginformasikan kepada redaksi. Kesalahan penulisan  mencakup penulisan nama, afiliasi/instansi, kutipan, serta tulisan lain yang dapat mengurangi makna dan susbtansi naskah. Jika hal itu terjadi, penulis harus segera mengusulkan perbaikan naskah.
  6. Penulis harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga naskah dapat diproses secara lancar dan aman.

Etika Editor

Editor harus memastikan proses penelaahan naskah secara menyeluruh, transparan, objektif, adil, dan bijaksana. Hal tersebut menjadi dasar editor dalam mengambil keputusan terhadap suatu naskah, ditolak atau diterima. Dalam hal ini, dewan editor berperan sebagai tim seleksi naskah.

  1. Editor harus memastikan bahwa panduan penulisan naskah bagi penulis, reviewer/ mitra bebestari dan pihak lain yang berkepentingan dapat diakses dan dibaca secara jelas, baik versi cetak maupun elektronik.
  2. Editor harus memastikan reviewer/ mitra bebestari dan bahan naskah untuk direview, serta menginformasikan ketentuan dan proses review naskah secara jelas.
  3. Editor harus objektif, netral, dan jujur dalam mengedit naskah, tanpa membedakan jenis kelamin, sisi bisnis, suku, agama, ras, antar-golongan, dan kewarganegaraan penulis.
  4. Editor harus menjaga setiap informasi dengan baik, khususnya yang terkait dengan privasi penulis dan distribusi naskahnya.
  5. Editor harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga proses penerbitan naskah berjalan lancar dan aman.

 Etika Reviewer/ Mitra bebestari

  1. Reviewer/ mitra bestari harus jujur, objektif, tidak bias, independen, dan hanya berpihak pada kebenaran ilmiah. Proses penelaahan naskah dilakukan secara profesional tanpa membedakan jenis kelamin, sisi bisnis, suku, agama, ras, antar-golongan, dan kewarganegaraan penulis.
  2. Reviewer/ mitra bestari harus memastikan bahwa sumber referensi/kutipan naskah telah sesuai dan kredibel (dapat dipertanggungjawabkan). Jika ditemukan kesalahan atau penyimpangan dalam penulisan sumber referensi/kutipan, reviewer harus segera menginformasikan ke redaksi untuk dilakukan perbaikan oleh penulis sesuai catatan dari reviewer. 
  3. Reviewer/ mitra bestari harus merespon naskah yang telah dikirim oleh redaksi dan bekerja sesuai dengan waktu penelaahan naskah (peer-review) yang telah ditetapkan (maksimal 4 minggu). Apabila membutuhkan waktu tambahan dalam review naskah harus segera melaporkan (konfirmasi) ke sekretariat JNI.
  4. Reviewer/ mitra bestari  harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga proses penerbitan naskah berjalan lancar dan aman.
 Etika Pengelola Jurnal
  1. Pengelola jurnal/dewan redaksi harus mengacu kepada aturan JNI khususnya yang berkaitan dengan penetapan kebijakan dan keputusan penerbitan jurnal tanpa adanya kepentingan tertentu.
  2. Pengelola jurnal harus memberikan kebebasan kepara reviewer/ mitra bebestari dan editor untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman serta menghargai privasi penulis.
  3. Pengelola jurnal harus menjamin dan melindungi hak kekayaan intelektual (hak cipta), serta transparan dalam mengelola dana yang diterima oleh pihak ketiga. Selain itu, pengelola jurnal harus mempublikasikan dan mempromosikan hasil terbitan ke masyarakat dengan memberikan jaminan kemanfaatan dalam penggunaan naskah.
  4. Pengelola jurnal harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga proses penerbitan naskah berjalan lancar dan aman.

 

Content Licensing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.